Blog Informasi Berbagai Ternak

Cara Menjinakkan Burung Kenari Semoga Mau Nangkring Di Tangan

Tak sanggup dipungkiri kalau burung kenari merupakan burung yg paling asik untuk dipelihara. Selain keindahan bulunya yg benar-benar menawan dan suaranya yg merdu, burung kenari merupakan burung manja sehingga sanggup dijinakkan dan dibiarkan bebas bermain-main di luar kandang. Nah biasanya burung kenari yg sudah jinak sanggup dengan gampang diajarkan untuk nangkring di tangan.

Nah, bagi teman burung yg sudah mempunyai burung kenari, tahukah Anda bagaimana tips menjinakkan burung kenari supaya mau nangkring di tangan?

 merupakan burung yg paling asik untuk dipelihara Cara Menjinakkan Burung Kenari Agar Mau Nangkring di Tangan

Pada dasarnya menjinakkan burung kenari memang harus diharapkan kesabaran dan juga pemilihan bakalan yg benar-benar masih muda atau anakan. Ini dikarenakan pada masa itu, burung lebih gampang dilatih dibanding burung yg sudah dewasa. Bagaimana teknik menjinakkan burung kenari selengkapnya, silahkan lihat tahapan berikut ini:
  1. Burung kenari yg akan dijinakkan sekurang-kurangnya berusia dibawah 8 bulan (piyik), hal tersebut dipilih karena burung masih gampang untuk dikendalikan.
  2. Sebagian kicaumania menyarankan, ketika akan melatih burung (menjinakkan) sebaiknya memakai pakaian yg sama, untuk melatih burung supaya terbiasa dengan majikan yg akan melatihnya dan pastikan tidak ada orang lain yg ikut bersama Anda ketika menjinakkan burung kenari.
  3. Untuk melatih burung kenari supaya jinak, selalu gunakan kata-kata untuk mengajaknya melsayakan sesuatu, seperti: naik, ayo, makan, dan lainnya.
  4. Pelatihan baiknya dilsayakan dalam waktu 30 menit atau tidak lebih dari 2 jam dan lsayakan 2 atau 3 kali istirahat (jedah), supaya burung lebih rileks.
  5. Waktu paling cantik untuk beliau berlatih ialah pagi dan siang hari.
  6. Jangan berlsaya berangasan pada burung kenari, dan bila anda jenuh maka burung akan gagal untuk di latih.
  7. Khusus untuk bakalan kenari yg gres diberi, jangan pribadi Anda latih, baiknya biarkan terlebih dahulu 1-2 ahad sampai burung siap untuk dijinakkan.
  8. Penjinakan harus dilsayakan di dalam sangkar dulu, di pagi hari keluarkan pakan burung secukup usang 2 jam, kemudian berikan makanannya melalui tangan anda dalam posisi masuk ke dalam sangkar.
  9. Jika burung tidak gusar (terbang menghindar) lanjutkan dengan mendekatkan tangan ke arah burung, sampai kesudahannya burung menyamperin tangan anda sambil mengambil kuliner yg Anda pegang.
Jika nantinya latihan menjinakkan burung kenari dengan memperlihatkan kuliner di tangan sudah memperlihatkan gejala keberhasilan, lanjutkan dengan menggerakkan (menggoyg) tangan setips perlahan. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar keberanian burung dengan sesuatu yg bergerak. Jika burung tidak merasa tsayat, kemudian lanjutkan kembali dengan memasukkan jari telunjuk supaya burung mau nangkring di jari Anda. Bila tahap ini juga sudah lewat, maka yg terakhir ialah cobalah untuk keluarkan burung kenari tapi jangan di pegang, biar keluar sendiri, dan latih di ruangan tertutup, sampai kesudahannya burung kenari mau nangkring di tangan Anda dengan sendirinya.
Back To Top