Blog Informasi Berbagai Ternak

Begini Cara Menjodohkan Kenari Yg Benar

Menjodohkan kenari bersama-sama gampang-gampang sulit. Biasanya kenari yg akan dijodohkan bertujuan untuk menghasilkan generasi kenari yg mempunyai sifat unggul dari indukan. Alhasil bila proses penjodohan kenari berhasil, maka kenari yg akan dilahirkan mempunyai kualitas, bunyi dan performa kicauan yg jauh lebih baik dari induknya.


Bagi kalangan kicaumania, proses penjodohan kenari memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Tidak praktis menggabungkan kenari betina dan kenari jantan dalam satu kandung, yg sering terjadi malah justru burung menjadi ribut atau bertengkar hingga karenanya burung enggan kawin.

Nah, untuk menunjang keberhasilan teman dalam menjodohkan kenari, berikut ini akan kita bagikan tips proses menjodohkan burung kenari yg benar semoga burung cepat menghasilkan keturunan yg berkualitas.
  1. Cari indukan burung kenari jantan dan betina yg berumur diatas 6 bulan dan pastikan dalam kondisi sehat. Hal tersebut wajib alasannya yakni itu yakni usia minimal burung kenari siap untuk bertelur. Usahakan jantan berusia 2 atau 3 bulan lebih bau tanah dari betina untuk menghindari telur kosong, kenari tidak mau ngeram, atau anakan menjadi lemah.
  2. Siapkan dua buah sangkar dan tempatkan setips terpisah tapi tetap di dekatkan. Begitu pada ketika penjemuran, sangkar tetap dalam posisi menempel. Bila di sekitar anda ada yg pelihara kenari, bisniskan jangan hingga melihat kenari yg lain secukup usang proses penjodohan, alasannya yakni akan mengganggu proses penjodohan.
  3. Untuk urusan pakan secukup usang penjodohan, berikan kenari pakan harian. Sobat bis,a memperlihatkan pakan telur puyuh tiap 2 hari sekali dan jangan lupa penjemuran cukup dilsayakan secukup usang 2-3 jam saja sehari.
  4. Untuk cukup usang penjodohan ini sanggup berlangsung secukup usang 3 hari, 1 ahad bahkan lebih tergantung dari perawatan harian yg teman lsayakan. Makara tetap amati perkembangan kenari sobat, bila sudah saling terlihat meloloh berarti sudah saatnya di satukan dalam satu kandang. Untuk memastikan silahkan teman jauhkan keduanya, bis,a penjodohan berhasil makan keduanya akan saling bernyanyi menyerupai saling memanggil dan terlihat gelisah.
  5. Sesudah semuanya siap, satukan burung kenari jantan dan betina dalam satu kandang, sambil perhatikan apakah burung bertengkar hingga saling mencabut bulu, bila menyerupai itu maka segera pisahkan dan itu artinya burung kenari belum siap dijodohkan. Tapi bila terlihat hanya saling gertak maka biarkan saja dan tunggu 2 hingga 3 hari nanti juga rukun.
  6. Secukup usang penjodohan berlangsung, berikan kenari pakan sayuran, dan tulang sotong untuk memenuhi kebutuhan gizi kenari. Dan jangan lupa untuk melsayakan penjemuran untuk menjaga stamina burung kenari.
Demikianlah tips menjodohkan kenari yg benar. Semoga dengan ini sanggup membantu teman untuk menghasilkan burung kenari yg berkualitas baik dan siap untuk tampil di kontes burung kicauan.

Back To Top