Blog Informasi Berbagai Ternak

Burung Anis Merah Si Raja Teler

Burung yg berjulukan Anis merah (AM) atau biasa di sebut dengan Punglor merah ini memiliki nama latin Zoothera Citrina.Burung ini sangat terkenal di dunia kicau khususnya di tanah air,dengan tanda khasnya yg berkicau sambil bergaya teler ibarat orang mabuk.Burung kicau Anis merah ini bisa memikat para penggemarnya alasannya keunikannya.


Habitat burung Anis merah:

Ternyata burung ini tidak hanya ada di indonesia,di Kamboja, Bangladesh, India, China, Malaysia, Laos, Myanmar, Srilangka, Vietnam, Pakistan dan Thailand juga di temukan burung yg mempesona ini.

Di alam aslinya burung ini berburu makanan di semak-semak tanaman rendah,di atas tanah,di bawah pohon dengan mengais-ngais ranting-ranting dan daun-daun yg berjatuhan untuk mencari serangga,cacing dan buah-buahan yg jatuh dari pohon.



Membedakan burung AM (Anis merah) jantan dan betina:

Sangat sulit sekali untuk membedakan burung Anis merah jantan dan betina,karena burung ini termasuk burung Monomorfik,yaitu memiliki kesamaan warna dan fisik antara jantan dan betina.Namun ada juga mitos yg menyampaikan bahwa burung AM jantan warnanya lebih tegas dan terang di banding burung AM betina.Tetapi ini bersifat relatif yakni tidak 100% benar.

Atau bis,a juga dengan memegang atau meraba bab kloakanya atau tulang supitnya,jika supitnya lancip dan rapat bis,a di pastikan kalo burung itu jantan dan bila tulang supitnya agak renggang,lembek dan lebar maka itu yakni burung betina.

Cara yg lebih gampang dan lebih niscaya yakni dengan menempelkan burung sejenis.yaitu bila burung AM ngeleper atau buka sayap dengap suara ciieer ketika bertemu AM jantan,maka sudah terang bis,a di pastikan kalo burung itu betina.
Tag : Burung Anis
Back To Top